Era pandemi Covid-19 membuat banyak aktivtas dan kegiatan menjadi terbatas. Namun, berbeda halnya dengan Digital Marketing. Era pandemi Covid-19 ini justru membuat Digital Marketing menjadi lebih terakselerasi. Era pandemi Covid-19 membuat banyak orang tersadar akan pentingnya Digital Marketing bagi dunia kewirausahaan. Karena Digital Marketing menjadi satu-satunya solusi disaat berbagai cara marketing konvensional misalnya pembagian brosur yang kerap dilakukan untuk mempromosikan hasil produksi dari sebuah usaha tidak dapat dilakukan di era pandemi ini. Digital Marketing membuka peluang dan kesempatan bagi para Wirausahawan untuk dapat tetap melakukan pemasaran dan promosi dengan memanfaatkan media digital.
Internet
dan teknologi digital telah memberikan banyak perubahan bagi dunia dan
kehidupan kita saat ini. Seperti yang dikatakan oleh Jean Claude Juncker bahwa
“the internet and digital technologies are transforming our world. Digital
technologies has to be our future”. Dari kutipan tersebut dapat kita ketahui
dengan jelas bahwa internet dan teknologi digital berperan penting terhadap
perubahan yang terjadi pada dunia dan pada kehidupan kita saat ini. Karena
seiring dengan perkembangan zaman dan berjalannya waktu, internet dan teknologi
digital mulai menguasai dunia.
Dan
dunia bisnis pun menjadi salah satu sektor yang tidak luput dari perubahan –
perubahan yang terus terjadi akibat berkembangnya internet dan teknologi
digital. Internet dan teknologi digital telah mengubah pola perilaku konsumen
yang kemudian hal itu dijadikan peluang oleh para pemilik bisnis atau
wirausahawan agar dapat terus memenuhi kebutuhan dari para konsumen tersebut.
Oleh karena itu kita harus menguasai internet dan teknologi digital jika ingin
menguasai dunia, karena internet dan teknologi digital merupakan masa depan
kita.
Seperti
yang juga disampaikan oleh Darwin bahwa “ bukan orang – orang yang kuat dan
hebat yang dapat menjadi orang yang berhasil dan sukses, namun yang dapat
menjadi orang yang berhasil dan sukses adalah mereka yang bisa beradaptasi
terhadap perubahan”. Dan oleh karena itu, di tengah pesatnya perubahan yang
terjadi akibat perkembangan internet dan teknologi digital, kita harus bisa
beradaptasi dengan teknologi yang ada agar dapat menjadi orang yang berhasil
dan sukses.
Dilansir
dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Hootsuite pada bulan Januari tahun
2019 tentang penggunaan internet di Indonesia, terdapat 150 juta warga
Indonesia yang aktif mengakses internet dan menggunakan serta memiliki media
sosial. Dan pada Januari tahun 2020, terdapat tambahan pengguna internet
sebanyak 25 juta orang, dan diperkirakan akan terus bertambah di setiap
tahunnya. Dari hasil penelitian tersebut juga diketahui bahwa rata-rata
pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu selama kurang lebih 8 jam
untuk mengakses internet di setiap harinya, bahkan lebih dari itu. Bisa
dikatakan bahwa banyak sekali orang yang menghabiskan waktunya dengan mengakses
internet dan media sosial. Terutama di era pandemi ini, hal tersebut dapat
dibuktikan dengan bertambahnya jumlah pengguna internet sejak awal tahun 2020.
Hal – hal tersebut bisa dijadikan sebagai
pertimbangan bagi para wirausahawan untuk mulai melakukan promosi melalui
digital marketing.
Tapi
kalian sudah tahu belum sih, apa itu digital marketing? Apa perbedaannya dengan
pemasaran konvensional yang selama ini kita lakukan? Jadi, digital marketing adalh
segala bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa yang dihasilkan oleh seorang
pelaku usaha dengan menggunakan teknologi digital sebagai medianya, terutama
internet. Ditengah perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang
ini, digital marketing merupakan sebuah peluang yang sangat besar bagi para
pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya agar dapat dikenal oleh masyarakat
dan membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih efisien dibandingan dengan teknik
pemasaran konvensional. Teknik pemasaran konvensional dikenal memerlukan budget
yang cukup besar dalam pelaksanaannya, misal; biaya sales, biaya cetak brosuk,
pembuatan materi iklan dan lain sebagainya.
Area jangkauan pemasaran konvensional pun lebih terbatas terbatas.
Berbeda dengan digital marketing, dalam digital marketing kegiatan pemasaran
yang dilakukan dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi internet. Produk dna
jasa yang dipasarkan akan dikomunikasikan dengan cara yang lebih menyenangkan,
lebih halusm dan juga lebih memikat. Area jangakauannya juga sangat luas dan
biaya yang diperlukan lebih efisien karna kita hanya perlu memanfaatkan
internet dalam pelaksanaannya.
Digital marketing dapat digunakan untuk bisnis apapun dan di industri apapun. Namun, setiap bisnis memiliki cara penerapan strategi pemasaran digital dengan cara yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat kita gunakan dalam menjalakan sebuah bisnis dan pemasaran secara digital agar usaha yang kita jalankan dapat berkembang dengan baik.Strategi ini disebut sebagai strategi SOSTAC:
- Situation analysis, untuk mengetahui dimana posisi keberadaan usaha kita pada saat ini.
- Objectives, menentukan tujuan yang akan kita capai dalam usaha yang sedang kita jalankan.
- Strategy, menentukan bagaimana cara (strategi) yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.
- Tactics, yaitu cara-cara yang dapat kita lakukan untuk mencapai tujuan usaha namun lebih spesifik.
- Actions, pelaksanaan dari strategi dan taktik yang sudah kita buat.
- Control, memantau apakah strategi yang kita susun dan langkah-langkan yang kita lakukan sudah bisa mengarahkan kita pada tujuan usaha yang ingin kita capai.
Jika kita telah melakukan seluruh tahapan dari strategi
tersebut namun usaha kita belum bisa berhasil mencapai tujuan yang direncnakan.
Maka, kita harus kembali mengulangi
tahapan-tahapan tersebut dengan konsisten dari awal sampai bisa mencapai tujuan
yang telah ditentukan. Karena konsisten juga merupakan salah satu kunci dari
keberhasilan suatu usaha.
Terdapat 5S dalam pelaksanaan digital marketing, 5S yaitu:
1. Sell, mengetahui dengan jelas dan pasti mengenai jumlah
penjualan.
2. Serve, bagaimana pelayan yang kita berikan kepada konsumen.
3. Speak, bagaimana interaksi kita dengan para konsumen untuk
mengkomunikasikan tentang produk yang kita tawarkan.
4. Save, seberapa banyak biaya yang dapat kita simpan untuk
menunjang operasional usuaha.
5. Sizzle, bagaimana kita melakukan pendekatan kepada para
konsumen untuk bisa melakukan perpanjangan atas layanan atau produk yang kita
tawarkan.
Kita juga harus menentukan segmentasi, tartet dan posisi
kita dalam menjalankan sebuah usaha. Selain itu kita juga dapat memanfaatkan
teknologi untuk membuat sebuah sarana penyampaian kritik dan saran (feedback)
dari para konsumen terhadap usaha yang sedang kita lakukan agar dapat selalu
melakukan perbaikan agar usaha kita dapat menjadi lebih baik kedepannya.
Melakukan penjadwalan untuk setiap agenda yang akan kita
lakukan juga penting dalam melaksanakan sebuah usaha. Karena manajemen waktu
yang baik dapat membuat segala hal berlangsung secara lebih tepat dan lebih
terorganisir.
Jika kita melakukan digital dengan tepat dan konsisten
sesuai dengan stategi-strategi yang sudah dijelaskan diatas, bukan hal yang
mustahil bagi kita untuk dapat mengembangkan sebuah usaha yang berhasil dan
sukses. Seperti yang sudah saya katakan diatas sebelumnya, bahwa konsisten
merupakan salah satu kunci keberhasilan dan kesuksesan dalam menjalankan suatu
usaha. Sekian info dari saya, saya harap informasi ini dapat membantu para wirausahawan
diluar sana yang ingin mencoba mengembangkan usaha dengam memanfaatkan digital
marketing.
Komentar
Posting Komentar